Banyak jenis kendaraan yang dapat digunakan dalam berkendara, salah satunya ATV. All Terrain Vehicle atau ATV ini menjadi kendaraan yang banyak menarik perhatian. Para pecinta kendaraan ini bahkan membentuk club yang berisikan para pecinta ATV. Para anggota klub motor ini sering berbagi dan bertukar pengetahuan. Mereka juga tak segan untuk memberikan informasi mengenai tips mengendarai ATV sebelum berkendara kepada luar anggotanya. Informasi ini sangat penting bagi pemula yang ingin mengendarai ATV dengan aman. Untuk mengetahui tips-tips tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Anggota klub motor ATV menyarankan untuk selalu mengenakan perlengkapan pelindung yang terdiri dari sarung tangan, helm dan sepatu. Jalanan off road menjadi jenis jalur yang dilalui oleh ATV. Jalur tersebut memiliki permukaan yang tidak rata sehingga tidak aman untuk dilalui tanpa pelindung yang baik. Helm dapat melindungi bagian kepala pengendara dan hal-hal lainnya yang membahayakan mata. Tidak hanya itu, bagi mereka yang baru saja akan menaiki ATV, mereka harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Pelatihan dilakukan guna mendapatkan infomasi mengenai cara penanganan kendaraan dan cara pengoperasian kendaraan yang baik dan benar. Berikut tips lainnya yang dibagian oleh ATV club motors kepada mereka yang tertarik untuk menaiki ATV:

a. Dilarang untuk berboncengan
ATV menjadi jenis kendaraan yang dibuat untuk satu orang. Pengoperasian kendaraan ini dilakukan dengan car memanipulasi berat badan penumpang. Tujuannya agar keseimbangan dan laju kendaraan dapat terkontrol dengan baik. Jika kendaraan digunakan untuk berboncengan, tujuan memanipulasi berat badan tidak dapat dilakukan dengan semestinya. Dengan berboncengan pula, fokus pengendara juga dapat terganggu.

b. Menjaga kecepatan
Selama mengendarai ATV, kecepatan dalam berkendara juga perlu dijaga dengan baik. Jika kecepatan tidak dikontrol dengan baik, pengendara dapat terpental dari kendaraan.

c. Pengendara harus berusia 16 tahun lebih
Anak-anak yang usianya kurang dari 16 tahun dilarang untuk mengendarai ATV. Pengoperasian yang minim dan beban kendaraan yang besar menjadi alasan utamanya. Pengendara berusia 16 tahun dan dapat mengoperasikan ATV bahkan masih harus dibawah pengawasan orang tua demi selamatan.

d. Membawa alat komunikasi
Walkie talkie dan hp merupakan alat komunikasi yang perlu dibawa ketika mengendarai ATV. Dengan alat komunikasi tersebut, pengendara masih dapat melakukan hubungan dengan orang lain. Pengendara dapat sangat terbantu ketika menghadapi masalah di dalam perjalanan. ATV yang memiliki beban berat tidak dapat didorong seorang diri dan membutuhkan bantuan orang lain.

Tips ATV Club Motors Sebelum Berkendara

e .Hindari aksi freestyle
Pengendara yang sering terluka adalah pengendara yang tidak mengendarai ATV dengan baik dan sering melakukan freestyle. Mereka yang mampu melakukan freestyle adalah pengendara yang benar-benar terlatih. Tanpa pelatihan yang rutin, pengendara ATV dilarang untuk melakukan aksi freestyle.

ATV club motors juga memberikan tips dalam berkendara dengan melarang menggunakan alkohol dan obat-obatan selama berkendara. Dengan dua hal tersebut, pengendara tidak dapat fokus selama mengoperasikan ATV. Hal tersebut tentunya sangat merugikan pengendara sehingga besar kemungkinan kecelakaan terjadi. Akal sehat juga diperlukan ketika mengendarai ATV. Akal sehat yang baik dapat membantu pengendara untuk menggunakan kecepatan berkendara yang tepat dan mengoperasikan kendaraan dengan baik. Jika hal-hal tersebut dilakukan, berkendara dengan ATV tidak akan menimbulkan kecelakaan yang tidak diharapkan. Tips penting ini harus diberlakukan oleh semua pihak sehingga keamanan dan keselamatan berkendara dapat dilakukan.