Ide yang Dibagikan oleh ATV Club Motors Kepada Pemula – ATV atau All Terrain Vehicle merupakan salah satu kendaraan yang menarik dan sedikit berbeda dengan kendaraan lainnya. Bagi pemula, mereka sering menilai bahwa cara menunggangi kendaaan ini serupa dengan motor biasanya. Jika diperhatikan dengan seksama, cara untuk menaiki ATV sangat berbeda jika kita menilik aturan dalam menaiki sepeda motor. Hal ini juga diyakini oleh ATV Motors Club. Club ini menjelaskan bahwa ada beberapa perbedaan yang dapat dirasakan oleh pengguna ketika menaiki ATV. Club ATV ini juga membagikan ide atau pengetahuan kepada pemula seputar dengan ATV. Untuk mengetahui ide dan tips yang diberikan oleh klub ATV tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Windrockatv – Menurut klub motor ATV, mereka yang diperbolehkan untuk menaiki kendaraan ini harus melebihi usia 16 tahun. Usia kurang dari 16 tidak dianjurkan untuk menaiki ATV karena ukurannya yang besar dan cara pengoperasian kendaraan yang tak biasa. Anak usia 16 tahun bahkan masih harus diawasi oleh orang dewasa demi keamanan. Selain usia penunggang, berikut ide lainnya yang dibagikan oleh para anggota klub ATV kepada pemula:

a. Selalu mengenakan pelindung
Serupa ketika kita menunggangi motor, kita juga perlu menggunakan pelindung ketika menaiki ATV. Pelindung yang dapat kita gunakan adalah helm, sarung tangan dan sepatu. ATV merupakan kendaraan yang berjalan di jalanan yang tidak rata sehingga potensi untuk mengalami cidera juga besar. Helm full face merupakan pelindung wajib yang harus dikenakan. Helm tidak hanya melindungi kepala tetapi juga dapat melindungi mata dari ranting atau kotoran lainnya yang dapat membahayakan mata.

b. Mengikuti pelatihan
Pelatihan sangat dibutuhkan bagi pemula yang akan menaiki ATV. Pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan bagi pengendara mengenai cara pengoperasian kendaraan yang benar. Pelatihan juga dapat membuat kita dapat lebih memahami cara dalam menangani kendaraan dengan baik.

Ide yang Dibagikan oleh ATV Club Motors Kepada Pemula

c. Jangan berboncengan
ATV merupakan jenis kendaraan yang dibuat hanya untuk penggunaan satu orang. Selama pengoperasian ATV, kita perlu memanipulasi berat badan. Tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan dan laju kendaraan. Jika berboncengan, ATV mudah terguling dan sulit untuk distabilkan. Jika digunakan untuk berboncengan, kemungkinan untuk terjauh dan terguling sangat besar.

d. Membawa alat komunikasi
Agar selalu berhubungan dengan orang lain, pemula perlu membawa alat komunikasi selama menaiki ATV. Jika pemula mengendarai ATV seorang diri, mereka bisa menghubungi pengguna ATV lainnya ketika mendapatkan masalah dalam perjalanan. Ketika terjatuh, pengendara tentunya kesulitan untuk membawa kendaraan seorang diri karena bobot ATV yang besar.

Baca juga : Tips ATV Club Motors Sebelum Berkendara

e. Menggunakan akal sehat
Akal sehat dibutuhkan selama berkendara sehingga aman di dalam perjalanan. Dengan akal sehat, pengendara juga dapat menilai besaran kecepatan selama mengendarai ATV. Pengoperasian ATV juga dapat dilakukan dengan mudah jika pengendara memanfaatkan akal sehat dengan baik.

Menjaga kesempatan juga sangat penting untuk dilakukan. ATV dibuat dengan kecepatan tertentu. Ketika ATV dikendarakan dengan kecepatan yang tinggi, tenaga dan kosentrasi yang dibutuhkan juga besar. Jika kecepatan tidak dijaga dan kosentrasi terganggu, penunggang dapat terjatuh. Selama mengendarai ATV, kita juga tidak boleh terpengaruh oleh alkohol dan obat-obatan. Serupa ketika kita mengendarai kendaraan lainnya, pengendara harus fokus ketika menaiki ATV. Pengendara pemula tidak boleh berkaitan dengan obat-obatan selama mengendarai ATV karena akan merugikan bagi dirinya sendiri. Itulah beberapa ide yang diberikan oleh klub motor ATV kepada pemula.